Posted by : Ronan Elektron

Di Zaman serba digital ini, pasti sobat sudah tau powerbank kan?
Sebuah alat yang isinya adalah listrik, atau bisa disebut juga baterai cadangan namun lebih gede kapasitasnya,.

Taukah sobat? ternyata kita sendiri pun mampu membuat powerbank dengan harga yang lebih murah,.


Kali ini saya akan memberitau Cara Membuat Powerbank Sendiri ala Ronan Elektron,.

Bahan - Bahannya adalah:
1. Aki kering 6Volt,. (biasanya juga dipake buat lampu emergency sob)
2. PCB lubang,. (kecil aja sob kalo sobat beli kegedean, potong aja sob)
3. Resistor 330K dan 220 Ohm
4. IC Regulator 7805
5. Elco/Kondensator 100 uF/16v
6. Dioda zener 5v (kalo ga ada cari aja yg mendekati 5v sob)
7. Led (warnanya terserah sobat)
8. Colokan USB female (bisa didapetin dari usb hub bekas)
9. kabel dan capit buaya






 Lalu alat - alat yang diperlukan:
1. Solder
2. Timah solder
3. Lem tembak (atau lem sejenisnya juga bisa sob)



Kalau semua sudah didapatkan,. nih saya kasih rangkaian powerbank versi saya:


 Daftar komponen:
IC1 : IC 7805
C1 : Elco 100uF/16V
D1 : Dioda zener 5v
D2 : LED
R1 : 330K
R2 : 220 Ohm



di bagian input dikasih capit buaya sob,. jadi seperti ini:




oh iya sob,.
pada IC nya di kasih Heatsink,. karena Ic nya itu kalo lagi kerja bisa panas banget sob..

dan ini hasilnya,.
cara charge nya tinggal pake kabel data sob,.
dan alhamdulillah punya saya 100% Work..




gimana kalo akinya abis?
caranya aki di cas pake adaptor serba guna seperti ini sob:


nah, di ujung kabel output adaptornya dikasih capit buaya kaya gini:
Inget, Jangan sampe kebalik positif negatifnya,. biasanya di kabel yang 2 jadi 1 (nempel) yang negatif punya strip atau garis berwarna beda dari kabel satunya,.



Kalo udah, setting tegangan adaptor (kalo ane biasanya ane setting jadi 9V),. lalu capitin yang merah (+) ke aki yang (+) juga, dan yang item (-) di capitin ke yang (-) juga



Nah, itu dia sob powerbank ala saya.. :)
Semoga membantu,.


Jangan Lupa Komentarnya ya.. :D

Searching for Something?

Popular Post

- Copyright © Ronan Elektron -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -