Posted by : Ronan Elektron



Sobat pasti tau Sosial Media seperti Facebook, Twitter, Email, Youtube, Blog, dll kan.? Dan juga, sobat bisa mempunyai akun sobat sendiri untuk melakukan aktifitas di Sosial Media yang sobat inginkan bukan? Namun, kadang kala kita lupa dengan username kita atau password kita, atau mungkin lupa dengan pin yang dibutuhkan untuk dapat mengakses sosial media kita. Mau enggak mau, kita harus memakai fitur yang saya sering kali bilang fitur  “Forgot Password”, menggunakan fitur ini kita bisa membuka akun sosial media kita, namun dengan perantara masuk inbox email kita dulu,. Nah, ya kalau kita inget password Email kita,. Lah kalau tidak bagaimana? Mau enggak mau, harus membuat Email baru dan Akun sosial media yang baru. Kan rugi juga sob.
Kali ini saya akan memberikan tips bagi sobat yang barangkali mau membuat Akun Sosial Media (SosMed) dan untuk sobat yang sudah punya Akun SosMed agar bisa menanggulangi kejadian seperti di atas. Ini berawal karena cukup banyak teman saya yang mengalami masalah seperti di atas sob, dan saat saya tanya apa kamu masih inget password email kamu..? kebanyakan teman saya menjawab “Tidak!!”.
Sebenarnya untuk mencegah hal seperti itu sangat mudah sob,. Sobat hanya perlu mencatat email, password, pin, nickname, atau apapun itu yang ada kaitannya untuk bisa masuk ke akun SosMed sobat. Misalkan sobat baru membuat Email, sewaktu membuat, sobat catet tuh alamat email sama password yang sudah sobat buat. Bisa di catet di buku, Handphone, atau Notepad. Jangan di selembar kertas sob, karena kemungkinan bisa hilang,. Kalau di buku kan aman, atau bisa juga terserah sobat mau di catet dimana aja, yang penting aman, gak akan hilang, dan gampang dicari sob.
Dan juga mungkin ada beberapa hal yang bisa menanggulangi masalah lupa password sob, ini dia:
1.      Catat alamat Email, dan Passwordnya
Ini diperlukan ketika mungkin sobat lupa dengan password SosMed sobat dan menggunakan fitur “Forgot Password”. Juga kalau sudah punya SosMed, jangan lupa membersihkan inbox – inbox Email dari SosMed sobat yang memenuhi FreeSpace atau kapasitas inbox Email sobat. Karena biasanya aktifitas – aktifitas sobat di SosMed itu pasti ada yang masuk ke Email sobat juga.

Contoh: ada temen sobat yang mention sobat di twitter. Nanti di Email pasti ada inbox masuk yang memberitahu bahwa temen sobat itu me mention sobat.
Nah, semacam itulah sob, kalau inboxnya cuma satu aja sih no problem,. Tapi kan kalau sobat twitteran terus, dan interaksinya jalan terus, kan pasti ada email masuk seperti contoh tadi dan akan menumpuk sampai puluhan bahkan ratusan. Itu kan bakal memenuhi kapasitas email sobat,. Dan pengalaman dari temen saya, karena email tidak pernah dibuka, pas buka SosMed akan ada pemberitahuan kalau emailnya tidak valid, atau sebagainya sob. Jadi membersihkan/menghapus email masuk dari SosMed itu penting.

2.      Catat Semua Username dan Password SosMed kamu
Jika sobat punya Akun Facebook, catatlah email dan passwordnya. Jika sobat punya Akun Twitter, catatlah Username dan Passwordnya. Karena SosMed kan ada juga yang khusus ponsel atau smartphone. Ada banyak SosMed yang terkenal untuk ponsel dan smartphone misal WeChat, Kakao Talk, Line, Instagram, WhatsApp, dll.
Caranya sih tetep sama sob, tinggal menulis username dan passwordnya lalu di simpan di tempat yang aman dan mudah di ingat sob,.

3.      Simpan Catatan Di Tempat Yang Benar
Maksudnya di tempat yang benar tu di tempat yang aman dan mudah dicari sob,. Aman itu catatannya enggak bakal bisa dibaca oleh orang lain selain orang yang sobat kehendaki untuk boleh melihat pasword – password SosMed sobat. Kalau di HP mungkin bisa aman karena ada HP yang mempunyai fitur penyimpan data pribadi, kalau Smartphone lebih mudah, tinggal download aja aplikasi untuk menyimpan data – data pribadi seperti password (biasanya sih juga pake password untuk ngebukanya).
Untuk yang menyimpan password di PC atau laptop dan sejenisnya,. Bisa menyimpan password – password tersebut menggunakan MS. Word, wordpad, notepad, dll. Lalu file berisi password tersebut di simpan dalam folder khusus. Selanjutnya bisa di “hidden” agar tidak kelihatan, atau bisa juga menggunakan software pengunci folder yang bisa di download dam sudah banyak beredar di internet.

Inti tips nya itu sebenarnya Cuma “Mencatat Semua Email, Nickname, Pin, dan Password” dari SosMed yang sobat punya,,. Dengan cara yang saya tulis di atas itu, sampai sekarang saya belum menemui kendala – kendala dalam beraktifitas di SosMed sob.
Itulah sob postingan saya kali ini, semoga bermanfaat, mohon maaf kalau ada salah – salah mengenai postingan saya ini, kalau ada yang mau mbenerin silahkan saja .,.

Searching for Something?

Popular Post

- Copyright © Ronan Elektron -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -