Posted by : Ronan Elektron


       Sebuah script tidak akan bisa menjadi sebuah program jika tidak di compile, sedangkan proses compile script menjadi program membutuhkan sebuah compiler. Nah, kali ini saya akan memberikan software compiler bahasa C atau C++ untuk sistem operasi Windows.





       Nama compilernya adalah MinGW (Minimalist GNU for Windows), dengan compiler ini kamu bisa compile semua script berbahasa C atau C++ menjadi sebuah program. Di post ini saya akan share path MinGW yang bisa kamu download dan disini saya juga akan share bagaimana cara penginstalannya agar MinGW ini bisa berjalan di Komputer kamu.

Saat ini saya akan memberikan Installer Offline, jadi sewaktu instalasi PC sobat tidak perlu terhubung ke internet.

oke, langsung saja

1. Pertama tentu saja download dulu MinGW Disini

2. jika sudah terdownload, jalankan programnya

3. jika muncul jendela untuk ekstraksinya ketik C:\ kemudian klik Extract seperti gambar dibawah





4. jika sudah, bukalah drive C:\ pasti disitu ada folder baru bernama MinGW, buka folder tersebut lalu buka folder bin, lalu copy direktorinya seperti gambar dibawah (direktori: C:\MinGW\bin) lalu simpan sementara di notepad



5. Setelah dicopy, klik kanan Computer, kemudian pilih Properties. Maka akan muncul jendela baru. Nah, untuk melakukan setting path MinGW, pilih Advanced system settings di sebelah kiri jendela.






6. Kemudian pada tab Advanced, pilih Environment Variables.



7. Setelah itu, pada bagian System variables, cari variable path, kemudian pilih Edit




8. Tambahkan tanda titik koma (;) di akhir baris, kemudian paste direktori MinGW yang telah kita copy sebelumnya tadi (C:\MinGW\bin). lalu diakhiri juga dengan titik koma (;)

Contoh yang benar, maka akan terlihat seperti ini:






9. Buka Command Prompt, lalu ketik gcc dan tekan enter jika muncul tulisan gcc: no input files, maka MinGW telah tersetting dengan benar dan siap untuk digunakan





jika ada pertanyaan atau seputar error sewaktu instalasi bisa berkomentar dibawah, agar kita bisa bersama - sama belajar disini :)

Searching for Something?

Popular Post

- Copyright © Ronan Elektron -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -