Posted by : Ronan Elektron



       Defragment pada hardisk memiliki beberapa keuntungan, selain menata file yang tersebar supaya menjadi tertata rapi, akses ke file dari sektor hardisk akan semakin cepat karena file yang dicari tidak tersebar. Namun ada satu masalah yang membuat kesal sebagian user. Yaitu setelah Defragment Hardisk, bukannya Free Spacenya menambah, justru malah menjadi nol, alias penuh.





       Kejadian ini pasti sangat membuat kita kesal, apalagi ketika di properties, padahal file dalam hardisk tidak sampai full, ini disebabkan karena file - file restore dari proses defragment yang menumpuk. Nah, jangan khawatir, ada cara agar file yang tidak perlu ini bisa hilang dan hasilnya hardisk anda memiliki free space yang lebih dengan membuang file yang kurang digunakan,


       Caranya cukup mudah, dan hanya membutuhkan satu software. Kali ini saya merekomendasikan anda menggunakan Ccleaner saja. Kalau belum memiliki Ccleaner, anda bisa mendownloadnya dulu Disini.


Oke, pertama pastikan Ccleaner sudah terpasang.

Langkah kedua, pilih menu Tools, lalu pilih Drive Wiper





Lalu pilih drive yang mau di wipe, jika sudah langsung saja klik Wipe.


Nah, di proses ini yang perlu anda lakukan adalah menunggu hingga selesai. Jika sudah selesai coba lihat properties hardisknya. pasti freespace nya juga bertambah kan.


       Oke, begitulah caranya mengatasi hardisk yang full karena setelah proses defragment. Tak disangka caranya sangat mudah ya.. Semoga trik ini bisa menjadi refrensi dan membantu masalah yang sedang melanda anda.

Searching for Something?

Popular Post

- Copyright © Ronan Elektron -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -